Senin, 10 Oktober 2011

Pentingkah Meta Tag Description dan Keywords untuk Optimasi SEO


Belakangan ini, mencari artikel-artikel tutorial SEO di internet bukanlah hal yang susah. Setiap hari, setidaknya kita bisa menemukan lebih dari 100 halaman artikel terkait SEO yang di posting oleh para blogger Indonesia walaupun mungkin yang dibahas seringkali sudah pernah anda baca sebelumnya.
Namun, saya menemukan beberapa hal yang menarik dalam pembahasan yang diuraikan oleh beberapa artikel blog bertema SEO belakangan ini yaitu bahwa efek SEO dari meta tag description dan keywords tidaklah lagi penting bagi sebuah blog. Atau bahkan yang paling ekstrim adalah pendapat bahwa penggunaan plugin wordpress All In One SEO Pack itu tidak ada gunanya.
Pendapat mereka tentang minimnya efek SEO dari meta tag description dan keywords itu juga didukung oleh banyak pendapat ahli SEO di forum-forum para webmaster. Memang sih, search engine yang dianggap masih mementingkan keberadaan meta tag tersebut dalam sebuah halaman web hanyalah Yahoo Search, sedangkan Google sebagai target utama dari optimasi SEO tampaknya dianggap terlalu ‘pintar’ untuk dikecoh oleh keberadaaan keyword di meta tag.
Jadi? Meta tag benar-benar tidak ada gunanya untuk kepentingan SEO?
Sebelum kita jawab pertanyaan di atas, mari kita sedikit memahami pola pikir dari mesin pencari seperti Google. Sebetulnya, usaha SEO yang terbaik untuk diterapkan adalah organic SEO dimana halaman web kita memang benar-benar dibutuhkan dan bermanfaat untuk keyword-keyword yang teroptimasi di mesin pencari. Namun, untuk mencapai organic SEO yang stabil dan mantap bertengger di urutan pertama SERP Google bukanlah hal yang mudah bila tidak didukung oleh penulisan artikel blog yang natural, apik dan informatif.
Berdasarkan uraian di atas, kita bisa menyimpulkan bahwa aspek kenaturalan dan kebermanfaatan dari penempatan keyword pada halaman web juga sebaiknya diterapkan pada meta tag keywords dan description. Tidak jarang saya temui sebuah halaman web cenderung memiliki meta tag description keywords dan description yang berisikan keyword-keyword yang dibidik, namun penulisannya lebih mirip dikatakan keyword stuffing ketimbang sebuah elemen yang menerangkan isi sebuah halaman web secara singkat :p
Jadi, meta-tag description dan / atau keywords anda akan dianggap penting bila ia menjalankan fungsinya dengan tingkat relevansi yang akurat dan tidak berlebihan. Bila kita terlalu menitik beratkan optimasi SEO blog kita pada kedua elemen meta-tag tersebut, maka bisa jadi kita akan merasa kecewa. Namun, bila kita menggunakannya sebagai kesatuan dari artikel kita, tanpa tendensi untuk mengeksploitasinya, hal itu mungkin malah akan memberikan hasil yang lebih optimal secara SEO.
Ini baru hipotesis kan? buktinya apa?
Hmm… walaupun mungkin bukti konkretnya tidak bisa saya share di sini (karena terkait dengan penghasil dollar), akan tetapi beberapa homepage blog saya malah teroptimasi untuk kata kunci yang terdapat pada meta-tags description saya. Padahal dari segi title, jumlah backlink ber-keyword, dan keyword density yang dynamic, rasanya tidak mungkin homepage tersebut mengalahkan artikel-artikel lain yang lebih luar biasa di halaman pertama Google. But it happens :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan dapat memberikan komentar yang membangun

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.