Senin, 10 Oktober 2011

Tutorial SEO 1 – Optimasi Keyword

Hmm.. akhirnya posting lagi artikel seri belajar SEO :D
Untuk tutorial pertama ini, saya akan bahas masalah keyword. Oya, artikel ini basic banget, jadi bila anda sudah cukup paham tentang SEO mungkin artikel kali ini tidak akan menambah pengetahuan SEO anda. Jadi saya memohon maaf sebelumnya bila ada pakar SEO yang nyasar ke sini :$
Keyword adalah salah satu kunci penting dalam men-SEO-kan blog atau situs anda, karena keyword juga berfungsi sebagai identitas dari blog atau situs anda secara keseluruhan maupun bersifat spesifik untuk halaman tertentu di blog/situs anda. Selain berfungsi untuk menarik traffic dari search engine, keyword yang jelas juga akan membantu pembaca anda untuk memahami halaman yang sedang mereka baca.
Menentukan keyword yang tepat untuk sebuah halaman bisa menjadi hal yang sulit untuk dilakukan serta memakan waktu yang lama, terutama jika anda berharap terjadinya sebuah transaksi dari halaman yang anda SEO-kan. Tentunya hal itu bisa diatasi jika anda sudah memiliki konsep keyword yang ingin anda kejar di saat anda membuat konten halaman tersebut, sehingga sejak awal penempatan keyword dalam konten sudah diatur sedemikian rupa.
Tanpa penjelasan bertele-tele, akan saya contohkan sebuah optimasi keyword pada sebuah halaman. Kita ambil saja keyword Foto Seksi Tyas Mirasih yang sedang banyak dibicarakan :D
Oke, sekarang kita sudah memiliki target optimasi utama kita yaitu “Foto Seksi Tyas Mirasih“, sekarang kita cari kata-kata lain yang berhubungan dengan keyword utama kita. Misalnya, foto, seksi, hot, pose,tyas mirasih,syur, majalah pria dewasa.
Setelah anda memiliki kata kunci utama dan kata kunci pendampingnya, anda siap men-SEO-kan halaman tersebut untuk kata kunci tersebut. Misalnya dengan menulis artikel seperti ini.
Tyas Mirasih, pemain sinetron dan model yang wajahnya sering menghias layar kaca baru-baru ini terkena kasus atas penerbitan foto seksinya di sebuah majalah pria dewasa. Tyas yang terkenal doyan tampil seksi tersebut membiarkan tubuhnya berbalut busana yang cukup minim untuk menghiasi beberapa halaman majalah khusus pria dewasa tersebut.
Ketika ditanya perihal penerbitan foto seksinya, Tyas Mirasih berargumen bahwa pose seksi tersebut lebih bersifat seni, bukan pornografi, terutama karena dalam foto seksi tersebut, Tyas mengenakan gaun one-piece, bukan two piece. Tyas juga menampakkan sikap tidak peduli bahwa sebagian pihak beranggapan bahwa fotonya itu cukup hot bagi kaum adam. Kini foto syur tersebut beredar luas di masyarakat. Siapapun bisa mendapatkan foto seksi Tyas Mirasih sebagai koleksi. Jadi tunggu apalagi, segeralah bergegas dan dapatkan foto hot Tyas Mirasih ;)
Dari artikel di atas bisa kita lihat bahwa kata-kata kunci yang di-SEO-kan tersebar secara acak di seluruh paragraf. Bukan hanya merujuk pada kata kunci utama yaitu Foto Seksi Tyas Mirasih, tapi juga kombinasi dari yang lain. Selain lebih enak dibaca, tulisan yang anda buat juga akan terlihat natural dan tidak berlebihan. Walau bagaimanapun, tujuan dari SEO adalah mendatangkan pengunjung melalui mesin pencari, jadi jangan kecewakan pengunjung anda dengan menjadikan search engine sebagai pembaca utama anda. Utamakanlah kenyamanan pengunjung melebihi search engine.
Semoga tutorial SEO yang singkat ini bisa sedikit memberi gambaran awal tentang bagaimana mengoptimasi kata kunci di halaman anda. Tetaplah mengunjungi blog ini untuk mendapatkan tips SEO lainnya. Jangan lupa untuk terus belajar mengaplikasikan SEO secara kreatif jika ingin situs atau blog anda menjadi blog yang SEO friendly.
Semoga sukses selalu ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diharapkan dapat memberikan komentar yang membangun

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.